Home » News » Hindari Tunggakan Layanan BPJS Kesehatan Demi Kesehatan

Hindari Tunggakan Layanan BPJS Kesehatan Demi Kesehatan



Jakarta – Memang ada beberapa hal yang mungkin sebagian orang rasa tidak nyaman, terkait dengan kartu anggota BPJS Kesehatan. Seperti, ketika mau berobat ke rumah sakit, kamu harus mengantre untuk mendaftar dan juga harus membayar iuran setiap bulan.

Hindari Tunggakan Layanan BPJS Kesehatan Demi Kesehatan

Nah, soal iuran ini juga kadang bermasalah. Bukan karena prosedurnya, tapi justru karena kamu yang lupa membayar. Alhasil, kamu akan dikenakan denda. Tapi, apa yang terjadi kalau kamu sudah menunggak iuran BPJS selama berbulan-bulan?

Dilansir sisi dunia dari Liputan6, tunggakan iuran memiliki batas maksimal, yaitu enam bulan. Kalau lebih dari itu, maka status kepersertaanmu bakal dinonaktifkan untuk sementara.

Hindari Tunggakan Layanan BPJS Kesehatan Demi Kesehatan

Namun, jangan khawatir, statusmu akan kembali aktif setelah semua tunggakan beserta denda telah terlunaskan. Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai menunggak iuran BPJS Kesehatan.

Kalau memang pembayaran yang kamu lakukan gagal, ada beberapa pilihan lain yang bisa jadi alternatif. Seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Kantor Pos, Agen Pos, Minimarket, dan outlet tradisional berlogo khusus.
(Freddy Julio – sisidunia.com)