Home » Travel & Kuliner » Inilah Cara Menyeduh Teh Hijau Celup Yang Benar

Inilah Cara Menyeduh Teh Hijau Celup Yang Benar



Jakarta – Bagi Anda penyuka minuman teh hijau namun lebih suka yang praktis pasti teh celup akan menjadi pilihan Anda dalam menemani hari bila Anda menginginkan teh.

Inilah Cara Menyeduh Teh Hijau Celup Yang Benar

Namun tahukah Anda bahwa, menyeduh secangkir teh hijau celup ada caranya sehingga rasa teh hijau yang di dapatkan akan terasa lebih segar dan nikmat.

Ratna Somantri, ahli teh Indonesia, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat teh hijau celup, diantaranya adalah soal suhu air dan waktu penyeduhan.

Berikut langkah pembuatan teh hijau celup yang benar menurut Ratna Somantri:

1. Siapkan air dan teh celup
Siapkan air dengan suhu antara 70-80 derajat celcius, lantaskan siapkan juga satu kantung teh hijau celup untuk satu gelas.
“Untuk teh celup, sebaiknya kita hanya menggunakannya untuk satu kali. Untuk mendapatkan rasa yang paling maksimal,” jelas Ratna.

2. Seduh teh
Masukkan terlebih dahulu teh hijau celup, baru kemudian air panas, jangan terbalik proses ini.

3. Waktu seduh
Diamkan teh dalam air selama 2-3 menit. Teh hijau tidak perlu diseduh terlalu lama, suhu airnya juga jangan lebih dari 80 derajat celcius karena akan menyebabkan rasa teh menjadi terlalu pahit.

4. Angkat kantung teh
Setelah 2-3 menit, putar dulu teh celup supaya tercampur dengan rata. Kemudian angkat kantung teh. Jangan mendiamkan teh celup terlalu lama karena akan membuatnya jadi terlalu pekat dan pahit.

“Teh yang bagus itu seharusnya tidak pahit tapi masih punya karakter yang manis, flavorful sekali. Sehingga enak dinikmati tanpa perlu menambahkan gula,” papar Ratna.

5. Nikmati
“Teh hijau yang baik dan bagus kualitasnya, warna akan jernih. Berwarna kuning keemasan, aromanya sangat harum dan membuat rileks,” tutur Ratna.

Selamat mencoba.
(Samsul Arifin)