Home » News » Ahok Akui Dirinya Pernah Mencontek

Ahok Akui Dirinya Pernah Mencontek



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Senin (16/5/2016) pagi berkunjung ke SDN Petojo Utara 13 untuk meninjau kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) tingkat SD di wilayah Jakarta.

Ahok Akui Dirinya Pernah Mencontek

Pada kesempatan tersebut, Ahok menyempatkan diri menyapa para murid SD di sana yang hari ini akan mengikuti Unas sambil bercerita tentang pengalamannya waktu mencontek dulu.

“Selamat pagi anak-anak. Sudah siap ujian? Bapak mau cerita dulu waktu Bapak masih SD mau ujian,” sapa Ahok.

Ahok bercerita, pada saat dirinya mengikuti ujian berhitung di kelas 3 SD, dirinya pernah mencontek dengan menanyakan jawaban soal kepada temannya yang duduk di sebelahnya.

“Bapak tanya ke sebelah, eh apa dong jawabannya. Jadi nyontek sama sebelah,” ujar Ahok.

Namun, Ahok kemudian diingatkan oleh temannya yang bernama Jhoni tersebut bahwa dirinya adalah anak seorang pengusaha, jadi harus pintar berhitung. Nasihat dari temannya ini membuat Ahok tidak pernah mencontek lagi.

“Kalau kamu enggak bisa berhitung, nanti kamu jadi bos ditipu orang. Kalau saya kan anak kuli memang ga bisa kuliah,” ujar Ahok menceritakan.

Ahok juga tidak lupa berpesan agar siswa-siswi SD yang sebentar lagi akan mengikuti Unas agar mencontek karena mencontek bukan perbuatan yang baik. Apalagi saat ini sistem pencegahan agar siswa tidak mencontek sudah semakin baik.
(Samsul Arifin)