Home » News » Sikap Arogan Seorang Pria Tarik Jilbab Seorang Wanita Di Pesawat

Sikap Arogan Seorang Pria Tarik Jilbab Seorang Wanita Di Pesawat



Jakarta – Gill Parker Payne (37) warga Gastonia, Carolina Utara, Amerika Serikat, dinyatakan bersalah di pengadilan federal New Mexico pada Jumat kemarin dengan tudingan telah menyalahi aturan kebebasan beragama.

Sikap Arogan Seorang Pria Tarik Jilbab Seorang Wanita Di Pesawat

Dalam pengakuan, Dia melihat seorang wanita mengenakan hijab duduk di barisan depan tempat duduknya saat di pesawat Southwest Airlines dari Chicago menuju Abuquerqe, New Mexico, pada Desember 2015.

Saat pesawat hendak mendarat, Payne yang tahu hijab adalah simbol dari wanita Islam, langsung berjalan menghampiri wanita itu yang tidak disebutkan namanya dan hanya diketahui dengan inisial “K.A”.

“Lepas benda itu (hijab). Ini Amerika!,” teriaknya kala itu sambil menarik hijab dari kepala K.A, seperti diberitakan sisi dunia dari laman Huffington Post, Jumat (13/5). Jilbab perempuan itu akhirnya terlepas dan rambut wanita itu pun tergerai.

Atas tindakannya tersebut Payne kini menjadi tahanan rumah selama dua bulan, karena jaksa menilai tindakan tersebut berbau kekerasan terhadap K.A.

Amber Fayerberg, pengacara Payne, mengatakan pengadilan telah menyetujui mendengarkan pembelaan kliennya pada Jumat kemarin.

“Dia akan bertanggung jawab dan meminta maaf,” kata Fayerberg. “Dia siap menjalani proses selanjutnya.”

Diketahui, insiden ini terjadi hanya berselang tiga hari dari pidato kampanye Donald Trump yang ingin menutup akses orang Islam masuk ke Amerika Serikat. Insiden ini juga terjadi kurang dari dua pekan usai penyerangan di San Bernadino, California, dan satu bulan usai penyerangan di Paris pada 13 November 2015.
(Freddy Julio – sisidunia.com)