Home » News » Presiden Brasil Mantan Informan Amerika Serikat?

Presiden Brasil Mantan Informan Amerika Serikat?



Brasilia – Wikileaks, situs whistleblower yang kerap membuka rahasia-rahasia penting tingkat dunia, mengungkapkan bahwa Michel Temer yang baru saja diangkat sebagai pelaksana tugas Presiden menggantikan Dilma Rousseff, pernash menjadi informan bagi Amerika Serikat.

Presiden Brasil Mantan Informan Amerika Serikat?

Wikileaks menyebutkan, Michel Temer pernah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Brasil melalui telegram untuk memberikan informasi dengan kategori sensitif pada tanggal 11 Januari 2006 dan 21 Juni 2006.

Dilansir dari Russia Today, Sabtu (14/5/2016), salah satu dokumen dikirimkan dari Sao Paulo, Brasil, kepada Komando Selatan AS di Miami dimana Michel Temer mendiskusikan terkait situasi politik Brasil pada masa Presiden Luiz Inacio Lula da Silva.

Dalam diskusi tersebut, Michel Temer membicarakan sebuah skenario dimana partainya Partai Gerakan Demokrasi Brasil (PMDB) menang pemilu. Michel Temer kemudian akan mengangkat 10-15 gubernur tahun itu, dan partainya akan menguasai senat dan parlemen sehingga presiden harus melaporkan ke senat tentang kebijakan apapun yang akan diambil.

“Siapapun yang memenangi pemilihan presiden akan datang kepada kami untuk melakukan langkah apapun,” kata Temer.

Kini, Michel Temer menjabat sebagai Presiden sementara bagi Brasil karena Dilma Roussef dimundurkan pada Kamis (12/5/2016) sebab diduga terlibat dalam kasus korupsi.

Michel Temer akan menjabat sebagai pelaksana tugas presiden saat Dilma Roussef disidang oleh Senat dalam enam bulan terakhir, yang akan menentukan apakah Dilma Roussef bisa kembali menjabat sebagai presiden ataukah tidak.
(Samsul Arifin)