Home » News » Pernyataan Ruhut : HAM Diplesetkan Jadi ‘Hak Asasi Monyet’!!

Pernyataan Ruhut : HAM Diplesetkan Jadi ‘Hak Asasi Monyet’!!



Jakarta – Dalam rapat kerja antara Komisi Hukum DPR dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti pada Rabu (20/4/2016)d, Anggota Komisi III DPR, Ruhut Sitompul, menyebut HAM sebagai singkatan ‘Hak Asasi Monyet’.

Pernyataan Ruhut : HAM Diplesetkan Jadi 'Hak Asasi Monyet'!!

Pelesetan tersebut akhirnya berujung dilaporkannya Ruhut ke Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) oleh Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam laporannya Ruhut diduga melanggar kode etik terkait pernyataannya tentang HAM sebagai ‘Hak Asasi Monyet’.

“Saya kecam yang katakan Densus melanggar HAM. HAM apa? Hak asasi monyet?” ujar Ruhut kala itu.

Terkait laporan tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Syarief Hasan membuka pintu bagi MKD untuk menindak laporan terhadap Ruhut Sitompul.

“Aduan ini silakan MKD menindaklanjuti,” tegas anggota Komisi I DPR tersebut seperti dilansir tim HargaTop via Tribun News (29/4/2016).

Ruhut sendiri terlihat santai menanggapi laporan tersebut. Dirinya menyatakan siap memberi penjelasan kepada MKD.

“Jangankan ke MKD, Tuhan pun aku hadap,” kata Ruhut.

Kalimat ‘Hak Asasi Monyet’ sore ini (29/4/2016) sempat masuk dalam trending topik Twitter Indonesia. Netizen menyoroti pelesetan tersebut dengan cara yang beragam.

“Hak asasi monyet ternyata da ya salute,” ; “Kemaren bebek nunging, sekarang hak asasi monyet, besok2 binatang apalagi…,” ; “Jagalah Mulutmu,Seorang Politisi Ngomong Tidak Ber Etika Indonesia Tidak Bisa Kembali Lagi Ke Zaman ORBA,” komentar dari beberapa netizen di Twitter.
(Freddy Julio – sisidunia.com)