Home » News » Kapal Pesiar Rusia Ditahan, Hubungan Rusia-Korut Tak Akur

Kapal Pesiar Rusia Ditahan, Hubungan Rusia-Korut Tak Akur



Jakarta – Terdapat kabar tentang penahanan kapal pesiar yang dilakukan oleh Korea Utara di perairan perbatasan dengan Rusia, Pemerintah Rusia pun menuntut penjelasan atas penahanan kapal pesiar yang dimiliki warga Rusia.

Kapal Pesiar Rusia Ditahan, Hubungan Rusia-Korut Tak Akur

Kementerian Luar Negeri Rusia telah mengirim nota protes serta menuntut penjelasan lebih lanjut kepada Pyongyang, seperti dilansir sisi dunia dari Kantor Berita Reuters, Sabtu (14/5).

Awalnya, tolak dari Pelabuhan Kota Busan, Korea Selatan, kapal pesiar itu dalam perjalanan ke Vladiwostok, Rusia. Namun pada Jumat (13/5) siang waktu setempat, kapal ini ditahan oleh patroli laut Korut.

Korut berpendapat kapal pesiar itu sudah masuk di Zona Ekonomi Eksklusif negara mereka. Sedangkan Rusia mencatat kapal milik pribadi itu posisinya masih 129 kilometer dari ZEE yang dimaksud.

Kapal itu bersama para awaknya sekarang sedang ditahan di Pelabuhan Kimcahek. Pemerintah Rusia menyatakan tim Konsulat Jenderal sedang menuju ke pelabuhan itu untuk menemui para awak kapal. Sejauh ini, awak kapal pesiar dalam kondisi aman.

Hubungan Rusia-Korut sedang tidak akur setahun terakhir. Terutama karena Rezim Kim Jong-un berkukuh melakukan uji coba nuklir serta meluncurkan roket jarak jauh. Sebetulnya, kedua negara tersebut merupakan sekutu dekat.
(Freddy Julio – sisidunia.com)