Home » Sport » FIFA Cabut Sanksi Indonesia

FIFA Cabut Sanksi Indonesia



Mexico City – Federation Internationale de Football Association (FIFA) akhirnya mencabut sanksi untuk Indonesia pada Jumat (13/5/2016) waktu setempat saat berlangsungnya kongres ke-66 FIFA di Meksiko.

FIFA Cabut Sanksi Indonesia

Gianni Infantino selaku Presiden FIFA menjelaskan, keputusan ini diambil setelah FIFA medapatkan informasi bahwa pemerintah Indonesia telah mencabut pembekuan terhadap segala aktifitas Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Beberapa saat sebelum kongres, anggota Komite Eksekutif FIFA sudah melakukan pertemuan dan memutuskan sanksi penangguhan terhadap Indonesia dicabut,” ujar Infantino.

Seperti diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah mencabut surat pembekuan terhadap PSSI melalui Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani pada Selasa (10/5/2016) sore WIB.

Pada 17 April 2015, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan sanksi kepada PSSI melalui Surat Keputusan bernomor 01307 tahun 2015 dengan membekukan seluruh kegiatan PSSI, sehingga segala aktifitas PSSI tidak diakui oleh pemerintah.

Hal ini kemudian berdampak kepada dijatuhkannya sanksi terhadap Indonesia oleh FIFA pada tanggal 30 Mei 2015 karena pemerintah Indonesia dianggap melakukan intervensi terhadap PSSI.
(Samsul Arifin)