Home » News » Berita Terkini : Universitas Trisakti Gelar Upacara Kenang 4 Mahasiswa

Berita Terkini : Universitas Trisakti Gelar Upacara Kenang 4 Mahasiswa



Jakarta – Hari ini, didepan gedung rektor Universitas Trisakti telah diadakan upacara dan pengibaran bendera setengah tiang, Kamis (12/5/2016).

Berita Terkini : Universitas Trisakti Gelar Upacara Kenang 4 Mahasiswa

Dalam upacara tersebut, Civitas Akademika Universitas Trisakti untuk memperingati tragedi berdarah yang terjadi pada tanggal 12 Mei 1998.

Upacara dan pengibaran bendera tersebut dihadiri oleh mahasiswa, staff pengajar, pegawai universitas, serta keluarga dari empat mahasiswa Trisakti yang menjadi korban aksi unjuk rasa 12 Mei 1998 dalam rangka menumbangkan rezim order baru.

“Anak muda ingin menentukan kehidupan dihantam oleh negara. Jadi nilai ini harus tetap dijaga oleh mahasiswa. Trisakti juga sebagai nilai perjuangan. Dan reformasi itu belum sepenuhnya tuntas,” tutur Dadan Umar Dayhani selaku Sekretaris Senat Universitas Trisakti, Kamis (12/5/2016).

Tidak hanya upacara bendera, untuk mengenang keempat mahasiswa tersebut diantaranya berupa napak tilas ke tempat ditembaknya Elang Mulia Lermana, Hafidhin Royan, Hendriawan Sie, dan Heri Hartanto oleh aparat pemerintah, malam renungan 12 Mei yang akan dihadiri para mahasiswa, serta aksi damai mahasiswa di depan Istana Merdeka.

Dalam aksi damai tersebut, terdapat 3 tuntutan para mahasiswa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mahasiswa akan meminta Presiden mengeluarkan Perpres Pengadilan HAM Ad Hoc untuk mengadili tragedi berdarah tersebut, meminta pemerintah memperhatikan kesejahteraan keluarga korban, dan meminta pemerintah memberikan gelar Pahlawan Reformasi pada 4 mahasiswa Trisakti yang menjadi korban tewas pada 12 Mei 1998.

Aksi damai mahasiswa tersebut diikuti sekitar 4,000 mahasiswa Universitas Trisakti serta perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)