Home » News » Polisi Selidiki Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo

Polisi Selidiki Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo



Surabaya – Pihak kepolisian Surabaya tengah melakukan penyelididkan terkait kasus pembongkaran rumah radio Bung Tomo di Suarabaya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Polisi Selidiki Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo

Proses penyelidikan kasus ini sudah dilakukan sejak Jumat (6/5/2016) kemarin, dengan membagi tim penyelidik menjadi dua tim.

“Kami membentuk dua tim. Tim pertama mengurusi sejarah bangunan dan tim kedua mengurusi kasusnya,” ujar Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Manang Soebeti kepada wartawan, Kamis (12/5/2016).

Tim dibagi menjadi dua untuk mempercepat jalannya proses penyelidikan. Tim pertama akan bertugas mencari sejarah yang benar dari bangunan cagar budaya tersebut dengan meminta keterangan saksi ahli yang merupakan pakar sejarah serta pemilik awal bangunan serta pihak terkait. Sedangkan tim lainnya bertugas mencari tahu proses pembelian dan perizinan.

Proses penyelidikan dari kasus yang menarik perhatian warga Surabaya ini nantinya akan dilakukan secara bertahap berdasarkan UU nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya dengan ancaman penjara 15 tahun.
(Samsul Arifin)