sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Lima Aplikasi Yang Bikin Kuota Internet Jebol

Lima Aplikasi Yang Bikin Kuota Internet Jebol



Jakarta – Aplikasi yang sering disertakan dalam perangkat mobile, baik berbasis Andorid maupun iOS, seringkali membuat kita pusing karena kuota internet menjadi sering habis dalam waktu yang cepat, meskipun setiap aplikasi memiliki tingkat kerakusan terhadap kuota yang berbeda-beda.

Lima Aplikasi Yang Bikin Kuota Internet Jebol

Seringkali karena begitu asyiknya berselancar di sosial media, pengguna terkejut karena kuota internet miliknya tiba-tiba telah habis.

Karena itu kenalilah terlebih dahulu aplikasi mana yang membuat kuota internet menjadi cepat habis, sehingga dapat dilakukan pengaturan pemakaiannya. Bisa dengan mengurangi pemakaian, menggunakannya hanya jika tersambung dengan WiFi, atau mematikan fitur-fitur tertentu dalam ponsel.

Berikut lima aplikasi yang bisa bikin kuota internet jebol.

Facebook
Kuota internet Anda dijamin langsung habis bila sering menggunakan Facebook karena di dalam Facebook selain pesan teks, juga ada data dalam bentuk foto, bahkan video.

Celakanya lagi bila Anda juga menghidupkan fitur autoplay video yang memungkinkan perangkat Anda memutar secara otomatis data video yang ada di Facebook bila Anda telah mencapai bagian video tersebut.

Twitter
Aplikasi media sosial lainnya yang rakus kuota adalah Twitter. Seperti halnya Facebook, postingan di Twitter juga dapat berupa file gambar maupun video yang tentunya akan memakan kuota internet.

Untuk mencegah agar kuota tidak cepat habis termakan, atur fitur autoplay agar hanya dapat diputar bila tersambung dengan WiFi, atau matikan saja. Anda juga bisa mengatur agar aplikasi Twitter tidak menampilkan gambar atau foto.

Instagram
Instagram juga menjadi salah satu aplikasi yang bikin habis kuota internet karena di dalamnya penuh dengan file gambar beresolusi tinggi dan video.

Sayangnya di Instagram, fitur autoplay-nya tidak dapat dimatikan. Untuk menyiasatinya, cobalah buka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilih tab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.

Youtube
Aplikasi pemutar video ini tentu saja paling rakus dalam menghabiskan kuota internet. Namun untungnya aplikasi buatan Google ini tidak otomatis memutar video, sehingga pemakaiannya bisa sesuai kesadaran pengguna.

Anda juga dapat mengatur penggunaan aplikasi Youtube dengan mengaturnya pada resolusi video terendah. Jangan lupa nyalakan fitur Play HD on WiFi Only, sehingga resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet itu hanya bisa diputar bila tersambung dengan WiFi.

Spotify
Aplikasi streaming musik ini pastinya akan menguras kuota internet bila dinyalakan terus sebagai teman beraktifitas.
Anda dapat menyiasatinya denga men-download berbagai lagu favorit Anda dan memutarnya kembali tanpa perlu menggunakan jaringan internet.
(Samsul Arifin)