Home » News » Rodrigo Duterte Bakal ke Vatikan Untuk Minta Maaf ke Paus

Rodrigo Duterte Bakal ke Vatikan Untuk Minta Maaf ke Paus



Davao – Presiden Filipina yang baru saja terpilih, Rodrigo Duterte, secara khusus akan mengunjungi Vatikan untuk meminta maaf kepada pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus.

Rodrigo Duterte Bakal ke Vatikan Untuk Minta Maaf ke Paus

Rodrigo Duterte berniat akan meminta maaf secara langsung kepada Paus Fransiskus karena dia pernah menyebut Paus sebagai “anak pelacur” pada tahun lalu. Rencana kunjungan Rodrigo Duterte ke Vatikan ini disampaikan langsung oleh juru bicara Duterte, Peter Lavina, di Davao, Kamis (12/5/2016).

“Wali kota berulang kali mengatakan bahwa dia ingin mengunjungi Vatikan. Menang atau kalah, tak cuma memberi penghormatan kepada Paus, tetapi dia ingin memberikan penjelasan dan memohon pengampunan,” kata Peter Lavina.

Rodrigo Duterte yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Davao memang dikenal sebagai sosok yang ucapannya sering mengundang kontroversi.

Ucapannya yang tidak pantas kepada Paus Fransiskus bermula saat Duterte terjebak kemacetan di Manila karena kedatangan Paus pada tahun lalu. Ucapan kekesalannya tersebut ia sampaikan saat berpidato mengumumkan dirinya akan maju dalam pemilihan presiden Filipina.

“Butuh waktu lima jam untuk pergi dari hotel menuju bandara. Lalu saya bertanya, ada apa ini? Siapa yang datang? Mereka bilang Paus yang datang. Saya ingin sekali bilang kepada dia, ‘Paus anak pelacur, pulang saja, jangan pernah datang ke sini lagi’,” kata Duterte kala itu.

Duterte juga pernah mengucapkan kata-kata yang tidak pantas lainnya saat berkampanye. Dia mengatakan ingin memperkosa para misionaris cantik asal Australia yang mengalami kekerasan seksual dan dibunuh pada kerusuhan di Davao 1989 lalu.

Rodrigo Duterte akan diambil sumpahnya sebagai Presiden Filipina yang baru pada 30 Juni mendatang untuk masa jabatan enam tahun.
(Samsul Arifin)