Home » News » Panama Papers Ungkap Keterlibatan Arab Saudi Dalam Kampanye Pemilu PM Israel

Panama Papers Ungkap Keterlibatan Arab Saudi Dalam Kampanye Pemilu PM Israel



Tel Aviv – Panama Papers kembali mengungkapkan sebuah rahasia yang mengejutkan, dimana ArabSaudi terlibat di dalam pembiayaan kampanye Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu.

Panama Papers Ungkap Keterlibatan Arab Saudi Dalam Kampanye Pemilu PM Israel

Sebuah situs berita asal Turki, Middle East Observer, mengungkapkan bahwa Izaac Herzog, pemimpin parlemen Israel, menyebut Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz telah mendanai kampanye pemilihan PM Israel Benyamin Netanyahu.

“Pada Maret 2015, Raja Salman mendepositkan 80 juta dolar AS (lebih dari Rp 1 triliun), untuk mendukung kampanye Netanyahu,” kata Herzog seperti data di dalam Panama Papers

“Uang itu dikirimkan lewat seorang warga Suriah-Spanyol, Mohamed Eyad Kayali. Uang tersebut dimasukkan ke akun sebuah perusahaan di British Virgin Islands milik Teddy Sagi,” ujar ketua Partai Buruh Israel itu.

Menurut data, Teddy Sagi merupakan salah satu milyarder Israel yang kemudian mengalokasikan uang itu untuk mendanai kampanye pemilihan PM Benyamin Netanyahu.

Namun, hingga kini belum ada konfirmasi, baik dari pihak Benyamin Netanyahu maupun Raja Salman bin Abdulaziz.

Bloomberg.com dalam salah satu artikelnya pada 4 Juni 2015 menyebutkan, sejak awal 2014 para petinggi dari Israel maupun Arab Saudi setidaknya telah lima kali melakukan pertemuan rahasia.

Hal ini dimungkinkan karena keduanya kini memiliki musuh yang sama, yaitu Iran dengan kebijakan nuklirnya dan ancaman ISIS.
(Samsul Arifin)