Home » News » Sadiq Khan Malas Kunjungi AS Bila Donald Trump Jadi Presiden

Sadiq Khan Malas Kunjungi AS Bila Donald Trump Jadi Presiden



London – Wali Kota muslim pertama di London yang baru saja terpilih, Sadiq Khan, mengatakan bahwa dirinya tidak bisa berkunjung ke Amerika Serikat (AS) bila Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS nantinya.

Sadiq Khan Malas Kunjungi AS Bila Donald Trump Jadi Presiden

“Jelas, saya akan mengunjungi AS sebelum Januari atau sebelum pemilu dilaksanakan,” ungkap Khan, seperti dikutip ABC News, Selasa (10/5/2016).

“Jika Donald Trump menjadi presiden, saya tidak akan ke AS, yang berarti saya tidak bisa bekerja sama dengan para walikota di AS dan bertukar ide,” lanjut Khan.

Sepeti diketahui, Donald Trump mengeluarkan seruan kontroversial saat kampanyenya dengan melarang umat muslim berkunjung ke AS bila dia nanti terpilih sebagai Presiden AS.

Donald Trump mengeluarkan gagasan tersebut menanggapi serangan Islamic State (ISIS) di Paris, dan penembakan di San Bernardino, California, yang juga diklaim dilakukan oleh militan ISIS.

Sadiq Khan mengatakan, pendekatan politik yang dilakukan oleh Donald Trump menyangkut kaum muslim tidak akan menang di AS.
“Saya yakin ia tak akan menang dengan pendekatan seperti itu,” ujar Khan.

“Saya pikir perbedaan itu perlu. Hal itu untuk mencoba mengubah pandangan masyarakat terhadap satu sama lain untuk hidup damai dan sukses,” tambah Khan.

Namun demikian, Donald Trump baru-baru ini membuat pengecualian setelah Sadiq Khan terpilih sebagai Wali Kota London.

“Selalu akan ada pengecualian. Dia bisa dijadikan contoh jika ia melakukan pekerjaannya dengan baik,” kata Trump.
(Samsul Arifin)