Home » News » Berita Korupsi : Hari Ini Ahok Tuntaskan Panggilan KPK

Berita Korupsi : Hari Ini Ahok Tuntaskan Panggilan KPK



Jakarta – Terkait dengan kasus suap dalam pembahasan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) reklamasi Teluk Jakarta, hari ini KPK sudah melayangkan surat kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Berita Korupsi : Hari Ini Ahok Tuntaskan Panggilan KPK

Pemanggilan tersebut dilakukan KPK untuk menuntaskan pemeriksaan yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap tersebut.

Ahok yang tiba di Gedung KPK di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 09.30 WIB, keluar dari gedung pada pukul 17.48 WIB.

Kepada para wartawan yang menunggu, Ahok hanya mengatakan, ia memberikan keterangan yang dibutuhkan penyidik untuk menaikkan kasus ke pengadilan. Pihaknya pun tidak mengungkap sedikit pun hal yang disampaikan kepada penyidik.

“Pemeriksaan ini untuk melengkapi berkas, untuk Pak Ariesman (Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land/APL, Ariesman Widjaja), Pak Sanusi (mantan Ketua Komisi D DPRD DKI, Mohamad Sanusi), dan satu lagi, Pak Trinanda (karyawan PT APL, Trinanda Prihantoro). Tiga tersangka ini, mungkin mau dinaikkan. Jadi saya melengkapi berkas-berkas untuk beliau-beliau itu,” ujar Ahok, Selasa, 10 Mei 2016.

Setelah menyelesaikan permintaan dari KPK dalam pemanggilannya sebagai saksi, Ahok pun segera meninggalkan kantor KPK dengan mobil operasionalnya, Toyota Land Cruiser hitam bernomor polisi B 1966 RFR, setelah sempat melambaikan tangannya karena silau terhadap lampu sorot dari beberapa kamera televisi.

Perkara suap dalam pembahasan dua rancangan peraturan daerah (raperda) DKI terkait reklamasi Teluk Jakarta terungkap setelah KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Mohamad Sanusi dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Tbk, Ariesman Widjaja, pada 31 Maret 2016. Sanusi dan Ariesman segera ditetapkan sebagai tersangka sehari setelahnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)