sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ahok Inginkan Warga Luar Batang Menggugat Pemprov DKI

Ahok Inginkan Warga Luar Batang Menggugat Pemprov DKI



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menginginkan warga Luar Batang menggugat Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar dirinya dapat menggugat balik.

Ahok Inginkan Warga Luar Batang Menggugat Pemprov DKI

“Justru saya ngarep mereka gugat. Kalau mereka gugat, saya akan gugat mereka balik mesti. Bagus ini,” kata dia di Balai Kota, Selasa (10/5/2016).

Tantangan ini disampaikan Ahok setelah dirinya bertemu dengan Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia Mundarjito pada Senin (9/5/2016) kemaren.

Dalam pertemuan tersebut Ahok mengaku mendapatkan pemaparan bagaimana pemukiman warga Luar Batang baru muncul pada tahun 1980-an.

Sejarahnya, pada jaman pemerintahan kolonial Belanda, wilayah Luar Batang merupakan gudang penyimpanan. Jadi logikanya, jika di sana ada gudang penyimpanan milik Belanda maka sudah pasti tidak akan boleh ada pemukiman warga di sana.

“Bagaimana bisa kamu mengklaim nenek moyangmu di situ? Saya tanya, kalau zaman Belanda ada gudang VOC, dia kasih enggak kamu bikin rumah di atas gudangnya? Logika aja,” ujar Ahok.

Ahok juga menerangkan, keberadaan Kampung Akuarium di sana dulunya adalah bangunan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 1960-an. Lalu pada 1980-an bangunan tersebut dibongkar. Ahok meyakini, pada saat pasca pembongkaran itulah kemudian wilayah tersebut diduduki warga.

“Sampai ’80-an itu baru pindah. Berarti mereka menduduki itu tahun berapa? Di atas 1980-an. Saya punya bukti. Saya sudah kerja sama dengan arkeolog dan kita mau lakukan restorasi,” kata Ahok.
(Samsul Arifin)