sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Otomotif » Tips Bagi Pengguna Mobil Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

Tips Bagi Pengguna Mobil Setelah Melakukan Perjalanan Jauh



Jakarta – Setelah menempuh perjalanan panjang di musim liburan kemarin. Sebagai pemilik kendaraan mobil pastinya akan memeriksa kembali kesehatan tunggangannya tersebut. Selain mesin sektor roda dan kaki-kaki menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Tips Bagi Pengguna Mobil Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

Terlebih jika pengemudi melakukan aksi potong jalur melewati bahu jalan yang bergelombang dan bebatuan, ataupun sering menghantam jalan berlobang karena kemacetan yang sering terjadi di jalur luar kota. Hal ini bisa mengganggu kinerja sektor kaki-kaki pada mobil.

Menurut Agus, mekanik Mirza Autocare, seringnya pengemudi ambil bahu jalan rusak di saat macet, ataupun menghantam lubang karena minimnya penerangan bisa merubah setingan pada roda mobil

Untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada bagian kaki-kaki dan roda, pihaknya memberikan sedikit tips dalam cara mengemudikan mobil dengan beberapa kecepatan sedang dan kencang untuk pemilik mobil.

“Saat mobil dibawa pada kecepatan tertentu timbul getaran pada stir kemudi, disebabkan putaran roda tidak seimbang satu sama lain. Oleh karenanya perlu dilakukan balancing,” jelas Agus, kepada Okezone.

Ia menambahkan, selain itu cek juga kondisi roda depan, dengan cara mengemudikannya dengan kecepatan rendah. Jika arah mobil tidak sesuai dengan stir maka kerja kedua roda depan tidak selaras karena setelan ban depan berubah yang bisa diakibatkan seringnya menghantam lubang ataupun melewati jalan rusak. Segera lakukan spooring jika kondisi seperti ini telah ditemukan.

Jika kondisi ini terus didiamkan, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penumpang dan pengendara. Selain itu perangkat chamber sebagai pengatur sudut kemiringan ban dan Caster yang mengatur maju mundur roda akan rusak.

Perlu diingat lakukan spooring dan balancing di bengkel resmi atau langganan yang memiliki fasilitas lengkap. Jangan asal pilih bengkel yang dikhawatirkan malah menambah budget perawatan akibat kesalahan prediksi kerusakan mobil.
(freddy yulianto-sisidunia.com)