Home » Otomotif » Sungguh Mencengangkan Jaguar C Type Dibandol Rp 77,1 Miliar

Sungguh Mencengangkan Jaguar C Type Dibandol Rp 77,1 Miliar



Jakarta – Harga jual fantastis baru-baru ini diraih oleh sebuah mobil klasik bermerk Jaguar XK120c C Type yang pernah digunakan dalam balap ajang ketahanan 24 jam di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Sungguh Mencengangkan Jaguar C Type Dibandol Rp 77,1 Miliar

Tak tanggung-tanggung, mobil lama tersebut dijual dengan bandrol 4 juta poundsterling atau setara dengan Rp77,1 miliar.

Mobil yang pernah dimiliki seorang fotografer balap, Guy Griffiths, setelah mengorbankan banyak waktu mengelilingi Eropa untuk mencarinya. Akhirnya, Griffiths memarkir mobil itu di museum pribadinya di Cotswood, Inggris, setelah sempat ia gunakan sehari-hari.

Ia meninggal pada 2003. Lalu, putrinya yang berprofesi sebagai pembalap, Penny Griffiths-Woodley, kini menjual mobil tersebut.

Jaguar hanya membuat 45 unit C Type. Hingga saat ini diperkirakan hanya tersisa delapan unit. Dari delapan itu, lima di antaranya pernah mengikuti ajang ketahanan kendaraan 24 jam Le Mans, termasuk yang dijual ini.

Mobil sport berkapasitas dua orang tersebut masih dalam kondisi prima dan bisa digunakan. Meskipun, jok kulitnya tampak sudah retak dan warnanya memudar. Selebihnya, mobil ini masih tampak bagus. Mobil tersebut diklaim masih menggunakan komponen mobil orisinal.

“Kalau dia (Griffiths) tahu bertapa mahalnya harga mobil ini sekarang, dia pasti sangat terkejut. Sebenarnya ia hanya meminta mobil ini dirawat dengan baik, tidak dijual. Waktu dia membelinya dulu, mobil ini diobral karena tidak ada orang yang tertarik,” kata Michael Hammond, anak tiri Griffiths, sebagaimana dikutip sisi dunia dari Daily Mail.

Menurut Hammond, ayahnya memiliki banyak koleksi mobil klasik dan Bugatti, namun dia lebih menyukai mobil-mobil Jaguar-nya. C Type dilengkapi mesin 3,4 liter, enam silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 220 bhp. Kecepatan maksimumnya 224 kilometer per jam.

Di ajang balap ketahanan 24 jam, mobil tersebut dikendarai pembalap Belgia Erucie Francochamps serta legenda Le Mans Oliver Gendebien. Sebelum masuk ke garasi Griffiths, mobil ini pernah dibeli perusahaan ban Dunlop untuk dijadikan sebagai alat tes produknya.

Setelah itu, mobil berpindah tangan ke pembalap Mike Salmon, Gordon Lee, dan Robin Strugess. Griffiths baru membeli mobil ini pada 1963 untuk digunakannya sehari-hari.

Saat itu, Jaguar XK120c C Type dijual dengan harga 635 poundsterling. Jaguar XK120c C Type ini dijual melalui Rumah Lelang Bonhams di Monte Carlo.
(freddy yulianto-sisidunia.com)