Home » News » Pemerintah Janjikan Bangun Bandara di Purwokerto Tahun Depan

Pemerintah Janjikan Bangun Bandara di Purwokerto Tahun Depan



Jakarta – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan, sebentar lagi Purwokerto akan memiliki bandara udara baru yang akan segera dibangun oleh pemerintah pada tahun ini dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2017.

Pemerintah Janjikan Bangun Bandara di Purwokerto Tahun Depan

Menteri Perhubungan menjelaskan, Bandar Udara Wirasaba di Purwokerto, Jawa Tengah ini nantinya akan beroperasi secara komersil, namun lahannya masih milik TNI Angkatan Udara.

“2016 sudah akan perbaiki tapi tidak banyak dan selesai 2017. Saya itu kalau bangun seperti itu, satu tahun selesai. Sekarang namanya Pangkalan Udara TNI AU Wirasaba, tetap milik TNI AU. Kan hanggarnya di sini. Ini runway, kita bikin terminal di sini. Jadi kayak Adisucipto, Halim gitu,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Dalam pembangunannya nanti, Bandara Wirasaba ini akan dibangun oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, bukan dikerjakan oleh BUMN seperti Bandara Kulon Progo.

Menurut Ignasius Jonan, Bandar Udara Wirasaba yang akan dibangun pemerintah ini tidak akan terlalu besar, hanya menampung 2000-3000 penumpang dalam seharinya atau satu juta penumpang dalam setahun.

“Wirasaba itu dikerjakan pemerintah, bukan BUMN. Tidak banyak lah (kapasitasnya), 2000-3000 penumpang per hari, kapasitas 1 juta per tahun. Udah banyak itu. Itu jauh dari Kulon Progo,” tandasnya.
(Samsul Arifin)