Home » News » Kasus Yuyun : Buruh Wanita Di Tangerang Melakukan Aksi Sebar Bunga

Kasus Yuyun : Buruh Wanita Di Tangerang Melakukan Aksi Sebar Bunga



Jakarta – Terkait dengan korban pemerkosaan di Bengkulu oleh 14 pria, Yuyun, puluhan simpatisan yang terdiri dari buruh wanita yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI) melakukan gerakan simpati di Tangerang.

Kasus Yuyun : Buruh Wanita Di Tangerang Melakukan Aksi Sebar Bunga

Dalam aksi tersebut, para buruh wanita memberikan bunga kepada masyarakat di Bundaran Akhlakul Karimah, Jalan Veteran, Cikokol, Kota Tangerang, kemarin. Dalam pemberian bunga tersebut, terselip selembar kertas yang berisi tuntutan mereka.

Ketua GSBI Tangerang Kokom Komalawati mengatakan, beberapa hari lalu masyarakat dikejutkan dengan kasus Yuyun. Sepulang sekolah, gadis ini dianiaya, diperkosa, lalu dibunuh secara keji oleh 14 pemuda mabuk.

“Kami mengecam kekerasan yang dilakukan para pelaku kepada korban,” ujarnya.

Ia menduga masih ada korban-korban lain yang mengalami hal serupa dengan Yuyun, akan tetapi tidak diketahui publik. Menurut catatan Komnas Perempuan dan Perlindungan Anak, setiap hari, sedikitnya ada 35 perempuan mengalami kekerasa seksual.

“Artinya hari ini kekerasan seksual menjadi ancaman perempuan dan anak-anak kita,” tuturnya.

Tingginya angka kasus ini menjadi bukti bahwa Indonesia belum memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak-anak, termasuk di dalamnya buruh perempuan.
(freddy yulianto-sisidunia.com)