Home » News » Berita Terbaru : Anies Ungkapkan Syarat Kelulusan Dalam UN

Berita Terbaru : Anies Ungkapkan Syarat Kelulusan Dalam UN



Jakarta – Dalam Ujian Nasional (UN) tingkat SMP yang hari ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melakukan pengecekan ulang di SMPN 114, Jakarta pagi ini.

Berita Terbaru : Anies Ungkapkan Syarat Kelulusan Dalam UN

Kedatangan Anies bertujuan untuk menyaksikan pembagian soal untuk Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK) secara langsung. Dalam pembagian tersebut, hadir pula 70 kepala sekolah dari rayon Jakarta Utara. Terkait dengan soal-soal tersebut dibagi menjadi 3 sub rayon yakni, Koja, Cilincing dan Kepala Gading.

“Jadi untuk SMP tahun ini ada 60.000 sekolah yang mengikuti UN. 4,2 Juta siswa yang mengikui UN setingkat SMP,” ujar Anies di lokasi, Senin (9/5).

Keinginan Anies terkait dengan UN ini, sebenarnya masih ingi menggunakan basis komputer. Namun, dalam langkah antisipasi pihaknya telah menetapkan dua model UN yakni berbasis kertas dan komputer.

“Yang komputer meningkat. Tahun lalu ada 41 sekolah tahun ini jadi meningkat 184 sekolah. Kita memang ingin berbasis komputer seperti tahun lalu” kata Anies.

Anies menambahkan, bukan hanya mata pelajaran yang diujikan, kelulusan juga ditentukan oleh semua mata pelajaran. Dengan kata lain mata pelajaran pancasila agama juga termasuk dalam syarat kelulusan nantinya.

“Jadi itulah yang menentukan kelulusan sekolah,” ujar Anies.

Tahun ini, sebanyak 4,2 juta siswa mengikuti Ujian Nasional. Sebanyak 921.862 siswa mengikuti UN berbasis komputer. Sedangkan 6.695.978 siswa yang mengikuti UN berbasis pensil dan komputer.
(freddy yulianto-sisidunia.com)