Home » News » 500 Sekolah Berintegritas Tertinggi Diundang ke Istana

500 Sekolah Berintegritas Tertinggi Diundang ke Istana



Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengakui, nilai rata-rata Ujian Nasional (Unas) Sekolah Menengah Atas dan sederajat pada tahun ini menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu, namun tingkat kejujurannya meningkat.

500 Sekolah Berintegritas Tertinggi Diundang ke Istana

Karena itu, pada tahun ini, ada 500 sekolah yang memiliki tingkat integritas tertinggi yang berhak mendapatkan plakat integritas dan diundang bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara.

“Kepala sekolahnya diundang. Belum pernah kan kepala sekolah diundang karena kejujuran?” kata Anies di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Plakat integritas yang telah dibagikan tersebut nantinya harus dipajang di sekolah sehingga setiap pihak yang berkunjung akan mengetahui apakah sekolah itu sudah bebas dari praktek kecurangan atau belum.

Anies berharap agar pemberian penghargaan sekolah berintegritas ini menjadi pemicu bagi sekolah lain untuk lebih mengedepankan kejujuran dalam proses belajar mengajar di sekolahnya.

“Itu reward sosial dan kita juga berharap orang tua dan masyarakat menanyakan itu pada sekolah agar menjadi tekanan bagi sekolah untuk lebih jujur,” ujar Anies.
(Samsul Arifin)