sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Mahasiswa Indonesia Dianugerahi Gelar Pahlawan di Belanda

Mahasiswa Indonesia Dianugerahi Gelar Pahlawan di Belanda



Leiden – Pemerintah Belanda, melalui Pemerintah Kota Leiden, Belanda, menganugerahi gelar pahlawan kepada salah seorang pelajar asal Indonesia, Irawan Soejono.

Mahasiswa Indonesia Dianugerahi Gelar Pahlawan di Belanda

Irawan Soejono adalah pelajar Indonesia yang belajar di Universitas Leiden, Belanda, saat Perang Dunia II. Irawan tewas karena ditembak tentara Nazi Jerman pada Januari 1945.

Menurut keterangan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leiden, Minggu (8/5/2016), acara penganugerahan dihadiri oleh Wali Kota Leiden, Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, dan Ketua PPI Leiden Ghamal Satya Mohammad.

“Pemerintah Kota Leiden, Belanda, menganugerahkan gelar pahlawan kebebasan kepada Irawan Soejono (1920-1945). Gelar tersebut diberikan oleh Wali Kota Leiden di Pieterskerk pada Rabu, 4 Mei silam atau 71 tahun setelah gugurnya beliau,” tulis PPI Leiden.

Acara ini dihelat bersamaan dengan memperingati korban Perang Dunia II yang dikenal dengan peringatan Dodenherdenking.

Mahasiswa Indonesia Dianugerahi Gelar Pahlawan di Belanda

Irawan adalah anggota Perhimpunan Indonesia (PI) yang kini menjadi PPI, yang pada saat itu ikut berjuang melawan Nazi Jerman karena menurut Irawan, fasisme Nazi sangat berbahaya bagi perjuangan Indonesia bila Belanda jatuh ke tangan Nazi Jerman.

Namun perjuangan Irawan Soejono harus berakhir setelah peluru Nazi menembus kepalanya di usianya yang masih belia.
(Samsul Arifin)