sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Kabar Gembira, Jepang Buka Kesempatan Beasiswa Untuk Lulusan SMA

Kabar Gembira, Jepang Buka Kesempatan Beasiswa Untuk Lulusan SMA



Jakarta – Pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya di Indonesia kembali menawarkan beasiswa (Monbukagakusho) kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat).

Kabar Gembira, Jepang Buka Kesempatan Beasiswa Untuk Lulusan SMA

Tujuan dari pemerintah negeri matahari tersebut adalah mengajak anak bangsa untuk melanjutkan pendidikan ke universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College/SENSHU (D-2) di negeri matahari terbit.

“Beasiswa tersebut untuk tahun akademik 2017 (April 2017) dan pelamar hanya bisa mendaftar satu program antara S-1, D-3, atau D-2,” kata Sokhibi, staf Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, Rabu (4/5).

Menurut informasi yang didapat sisi dunia, pendaftaran tahap pertama yang dimulai pada tanggal 2-16 Mei 2016, dikhusus bagi pelamar dengan lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya saja. Sedangkan, pendaftaran tahap II, 24 Mei-9 Juni 2016 hanya bagi pelamar lulusan tahun 2016 saja.

Terdapat pula persyaratan untuk bisa lolos, yaitu warga negara Indonesia, lahir antara tanggal 2 April 1995 sampai dengan tanggal 1 April 2000 dan nilai minimal rata-rata ujian nasional (UN) 8,4 untuk program S-1/GAKUBU 8,0 untuk program D-3/KOUSEN dan 8,0 untuk program D-2/SENSHU.

“Jika saat penutupan (9 Juni 2016) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima,” ujar Sokhibi.

Ia menambahkan, bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan. Oleh sebab itu perlu melampirkan hasil ujian akhir dan transkrip nilai seluruh semester.

Terdapat alternatif lain untuk persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3.

Sedangkan pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang.

Sokhibi menambahkan, pelamar harus lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi yang menggunakan sistem kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2017 (bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar Internasional/IB), dan hanya bisa memilih satu program saja antara S1, D3 atau D2.

Prosedur Pendaftaran dengan mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload dari website resmi kedutaan Jepang berikut: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.

Selanjutnya, kirimkan formulir aplikasi, lembar printout konfirmasi registrasi online, fotokopi ijazah/ ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, serta fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada, ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.
(Freddy Julio – sisidunia.com)