Home » News » Paus Fransiskus Terima Penghargaan Charlemagne 2016

Paus Fransiskus Terima Penghargaan Charlemagne 2016



Vatikan – Karena peran aktifnya dalam membangaun dan mempromosikan perdamaian dunia, pemimpin besar umat Katolik, Paus Fransiskus, diberi penghargaan Charlemagne 2016.

Paus Fransiskus Terima Penghargaan Charlemagne 2016

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan pada Jumat (6/5/2016) di Vatian dengan dihadiri oleh beberapa pemimpin seperti, Presiden Parlemen Eropa Martin Schultz dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Dalam pidatonya saat menerima penghargaan ini, Paus Fransiskus menekankan agar Eropa tidak menjadi penghalang terhadap masuknya pendatang dari luar yang membutuhkan bantuan dan lebih aktif dalam melayani banyak orang.

“Apa yang telah terjadi dengan kalian, dengan humanisme Eropa, pejuang hak asasi, demokrasi dan kebebasan?” ungkap Paus Fransiskus.

Martin Schultz mengatakan, Paus Fransiskus memang layak menerima penghargaan karena peran aktif Paus Fransiskus dalam membantu mengingatkan nilai-nilai tradisional Eropa, seperti toleransi, solidaritas, dan perhatian.

Paus Fransiskus juga dianggap berperan besar terhadap persatuan Eropa dan pemahaman lintas budaya.

Penghargaan Charlemagne sendiri adalah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada seseorang karena jasanya untuk persatuan Eropa.
(Samsul Arifin)