Home » News » Berita Terbaru : Medical Eror Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar

Berita Terbaru : Medical Eror Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar



Jakarta – Di Amerika Serikat, sebuah data menyebut kesalahan para dokter ini membunuh sekitar 250.000 orang dalam setahun. Namun, angka tersebut tidak tercatat karena pemerintah federal tidak pernah memasukkan medical error sebagai penyebab kematian.

Berita Terbaru : Medical Eror Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar

“Ini adalah masalah kesehatan masyarakat,” sebut Bob Anderson, kepala statistik kematian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menanggapi temuan ini seperti dikutip sisi dunia dari NYdailynews, Sabtu (7/5/2016).

Menurut data tersebut, terdapat beberapa aspek medical error yang menyebabkan kematian, di antaranya adalah kesalahan operasi pembedahan, kesalahan obat, dan dosis yang tidak tepat. Namun karena kebijakan pemerintah setempat, maka CDC tidak pernag mencatatnya secara khusus.

Sebagai contoh, terdapat riset yang menemukan satu kasus pada pasien perempuan yang menjalani operasi jantung lalu meninggal karena ada jarum yang melukai hatinya. Dalam sertifikat kematiannya, disebutkan penyebabnya adalah masalah jantung, bukan medical error.

Menurut penyelidikan terkait dengan medical error yang dikerjakan berdasakan data selama 8 tahun tersebut, kematian akibat medical error cukup tinggi. Angka rata-rata sekitar 250.000 per tahun bahkan lebih tinggi dibandingkan total jumlah kematian akibat penyakit pernapasan dan diabetes.
(Freddy Julio – sisidunia.com)