Home » News » Setya Novanto Dilaporkan ke Komite Etik Munaslub

Setya Novanto Dilaporkan ke Komite Etik Munaslub



Jakarta – Salah satu bakal calon ketua umum Partai Golkar yang sekaligus mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dilaporkan ke Komite Etik Munaslub terkait kasus dugaan permintaan saham kepada PT Freeport atau yang lebih dikenal dengan kasus “papa minta saham”.

Setya Novanto Dilaporkan ke Komite Etik Munaslub

Selain Setya Novanto, ikut dilaporkaan juga Ade Komarudin. Namun untuk Ade Komarudin, kasusnya soal penandatanganan pernyataan tidak akan maju sebagai calon ketua umum Golkar.

Wakil Ketua Komite Etik Steering Committee Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar Laurence Siburian mengaku, pihaknya mendapat aduan tentang dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ade Komarudin dan Setya Novanto.

Wakil Ketua Komite Etik Steering Committee Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar Laurence Siburian mengakui pihaknya memang mendapatkan pengaduan terkait Setya Novanto dan Ade Komarudin.

“Dua itu termasuk yang akan kami periksa. Ya tunggu saja, kami akan bentuk majelisnya dan kami sidangkan. Apa nanti masuk ke dalam kualifikasi pelanggaran kode etik atau tidak, nanti akan kami putuskan,” ujar Laurence di Kantor DPP Golkar Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (6/5/2016).

Jika memang terbukti, bentuk sanksinya bisa bermacam-macam tergantung bobot pelanggaran yang dilakukan keduanya. Sanksi bisa berupa pemberian surat tertulis dan berjanji tidak akan mengulanginya untuk pelanggaran ringan, hingga didiskualifikasi dari pencalonan, pencabutan hak suara, dan dikeluarkan dari kepanitiaan untuk pelanggaran berat.
(Samsul Arifin)