sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menteri Yohana Minta Pemerkosa Yuyun Dihukum Mati

Menteri Yohana Minta Pemerkosa Yuyun Dihukum Mati



Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Yohana Yembise meminta Majelis Hakim yang menangani kasus pembunuhan disertai pemerkosaan terhadap Yuyun (14), siswi SMP di Bengkulu, agar menghukum mati pelakunya.

Menteri Yohana Minta Pemerkosa Yuyun Dihukum Mati

Menurut Yohana, hukuman yang berlaku di Indonesia belum dapat mengurangi angka kejahatan seksual terhadap anak dan perempuan.
Dia kecewa karena peraturan perundangan saat ini masih sangat lemah dalam melindungi perempuan dan anak.

“Kekerasan seksual sampai sekarang belum masuk ke kategori kejahatan berat. Indonesia juga belum punya hukum yang spesifik untuk menindak kekerasan seksual,” ujarnya di Jakarta, Rabu (4/5).

Menteri Yohana menambahkan, semua hukuman itu tidak setimpal dengan trauma yang dirasakan seumur hidup oleh korban. Apalagi bila diselesaikan dengan hukum adat yang tentu saja tidak menimbulkan efek jera bagi pelaku dan orang lain yang berniat melakukan kejahatan serupa.

Menteri Yohana lantas membandingakan dengan hukuman berat yang diterapkan terhadap terdakwa kasus narkoba dengan hukuman seumur hidup dan hukuman mati.

“Perlu ada revisi undang-undang agar sanksi bagi pelaku lebih jelas dan tegas. Narkoba saja aturan hukumnya seperti itu, apalagi kekerasan seksual yang sampai menghilangkan nyawa orang lain,” katanya.

Seperti diketahui, mayat Yuyun ditemukan disebuah jurang di desanya pada 4 April 2016. Dua hari sebeluumnya, korban dianiaya dan diperkosa hingga tewas oleh 14 orang warga desanya juga di sebuah perkebunan karet. 12 pelakunya telah ditangkap polisi sedangkan dua lainnya masih buron.
(Samsul Arifin)