sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berita Terbaru : Khofifah Ingin Berikan Social Punishment Bagi Pemerkosa Anak

Berita Terbaru : Khofifah Ingin Berikan Social Punishment Bagi Pemerkosa Anak



Jakarta – Khofifah menyebut, pada Februari 2015 silam, sudah saatnya negara memberi hukuman sosial bagi pelaku pemerkosaan terhadap anak. Namun, kata dia, saat itu banyak yang menganggap dia berlebihan.

Berita Terbaru : Khofifah Ingin Berikan Social Punishment Bagi Pemerkosa Anak

“Dibilang, ‘ah lebay’. Tapi ketika kita menemukan kasus Angelina (Engeline), kita memperbincangkan kembali masalah ini. Demikian pula saat terjadi kasus Ananda dan Yuyun, dibahas lagi. Jadi sebetulnya kita sedang tidak serius untuk melindungi anak-anak bangsa,” kata Khofifah di Gorontalo, Rabu (4/5).

Khofifah meminta, cara menerapkan sanksi sosial adalah dengan memajang foto pelaku di ruang publik dan dunia maya, termasuk jejaring sosial.

“Saya pernah menyampaikan sebelumnya dan hal ini sudah dilakukan di berbagai negara. Foto wajah pelaku harus dipublish, termasuk di media sosial,” imbuh Khofifah.

Menurut Khofifah, hukuman sosial seperti itu diharapkan membikin jera para pelaku, sekaligus mencegah terjadinya pemerkosaan terhadap anak-anak di Indonesia.

“Jika pelaku akan melakukan lagi hal yang sama, dia akan berpikir lagi, karena bukan hanya dia yang menanggung malu tapi juga seluruh kerabat dan keluarganya. Social punishment ini berat bagi pelaku,” ujar Khofifah seperti dilansir dari Antara.

Khofifah menyatakan, hukuman lain mesti diterapkan kepada pelaku pemerkosaan adalah kebiri. Di beberapa negara, lanjut dia, kebiri dilakukan dengan mengoleskan zat kimia buat mengurangi hasrat seksual para pelaku.

“Ini tidak hanya menjerakan pelaku, tapi kelak mereka selesai menjalani hukuman tidak menjadi residivis,” tambah Khofifah.
(Freddy Julio – sisidunia.com)