Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Jadi Negara Kedua Paling Favorit Untuk Investasi Setelah China

Indonesia Jadi Negara Kedua Paling Favorit Untuk Investasi Setelah China



Jakarta – Indonesia secara umum ternyata masih menjadi magnet bagi para investor dunia untuk menanamkan modalnya dalam berbagai proyek usaha di Tanah Air.

Indonesia Jadi Negara Kedua Paling Favorit Untuk Investasi Setelah China

Menurut catatan Bank Indonesia (BI), Indonesia menjadi negara favorit kedua setelah China bagi tujuan investasi dunia. Hal ini diketahui dari hasil penilaian beberapa lembaga survei dunia.

“Per Januari ini, Indonesia adalah negara tujuan investasi nomor dua terfavorit setelah China. Kalau tidak China, India, pasti pilihannya Indonesia. Paling tidak kita pasti berada di antara China dan India,” kata Manajer Departemen Komunikasi Bank Indonesia Oikos Mando Panjaitan pada diskusi BI Corner di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Mando mengatakan, faktor yang membuat Indonesia menjadi negara tujuan investasi salah satunya adalah realisasi investasi di Indonesia meningkat sekitar 15 persen dari tahun lalu, begitu juga dengan tingkat penyerapan tenaga kerjanya.

Mando juga menjelaskan, World Economy Forum (WEF) memberikan penilaian positif terhadap performa Indonesia dalam pemberantasan korupsi serta kemudahan berinvestasi di Tanah Air.

Selain itu, reformasi anggaran atau budget reform serta pengurangan subsidi juga menjadi faktor lain yang menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

“Yang dinilai positif juga bahwa kita mengalami budget reform yang konsisten, menurunkan subsidi dan meningkatkan biaya infrastruktur. Ini yang membuat dunia internasional berkeyakinan bahwa Indonesia punya prospek yang baik ke depan,” terang Mando.
(Samsul Arifin)