Home » News » Berita Politik Terbaru : Kerjasama 3 Negara Didukung Oleh Ketua Dewan Nasional PIM

Berita Politik Terbaru : Kerjasama 3 Negara Didukung Oleh Ketua Dewan Nasional PIM



Jakarta – Pembebasan kesepuluh awak kapal tugboat Brahma 12 itu diharapkan diikuti dengan pembebasan 4 WNI lain yang masih jadi tawanan. Meskipun belum tuntas, upaya tersebut diapresiasi oleh Din Syamsuddin.

Berita Politik Terbaru : Kerjasama 3 Negara Didukung Oleh Ketua Dewan Nasional PIM

“Bangsa Indonesia bersyukur dan bergembira atas dibebaskannya 10 WNI yang disandera oleh Abu Sayyaf sekitar 36 hari di Filipina Selatan. Oleh karena itu patut berterima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada pemerintah Indonesia, semua instansi juga semua pihak yang telah berusaha, berupaya,” ujar Din di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2016).

Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) mengapresiasi gotong royong yang dilakukan banyak pihak dalam membantu pembebasan para WNI.

“Bisa disebut total diplomacy. Pemerintah lewat Kemlu, aparat keamanan kita juga masyarakat dan kita berharap 4 lagi WNI yang masih disandera Abu Sayyaf bisa juga dibebaskan penyanderannya,” imbuhnya.

Terkait pembahasan patroli bersama antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina dalam menjaga keamanan wilayah perairan, dikarenakan keamanan perairan juga penting karena menjadi jalur perekonomian banyak negara, dukungan penuh pun diungkapkan oleh Din.

“Prakarsa Presiden Joko Widodo mengajak Malaysia dan Filipina dan juga Filipina berbicara adanya langkah-langkah konkret bagi pengamanan Selat Malaka di bagian selatan maupun timur bisa aman dari pembajakan, penyanderaan karena itu jalur ekonomi internasional. Kita berharap adanya kerjsama keamanan yang juga secara kerjasma antara negara-negara di dekat itu,” kata mantan Ketum PP Muhammadiyah ini.
(freddy yulianto-sisidunia.com)