Home » News » Jaksa Agung Tengah Susun Daftar Eksekusi Mati Gelombang Ketiga

Jaksa Agung Tengah Susun Daftar Eksekusi Mati Gelombang Ketiga



Jakarta – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo saat ini sedang mempersiapkan daftar tersangka hukuman mati kasus narkoba yang akan diikutkan ke dalam eksekusi mati gelombang ketiga yang akan datang.

Jaksa Agung Tengah Susun Daftar Terpidana Mati Gelombang Ketiga

“Tunggu kepastian dari kami dulu,” ujar Prasetyo di Istana Negara, Senin (2/5/2016).

Pihak Kejaksaan Agung saat ini tengah meneliti dan mengkaji hal-hal yang berhubungan dengan apakah sang terpidana mati tengah melakukan upaya hukum lain atau tidak.

Jaksa Agung menjelaskan, sebelum melakukan eksekusi mati, harus diketahui terlebih dahulu apakah sang terpidana ini sedang melakukan peninjauan kembali atau tengah diproses dalam kasus lain atau tidak.

“Aspek hukum harus selesai semua, baru (dieksekusi),” ujar dia.

Terkait hal ini, Prasetyo menegaskan bahwa terpidana mati Mary Jane Veloso dan Freddy Budiman tidak dapat diikutkan dalam daftar terpidana mati yang akan dieksekusi di gelombang ketiga karena mereka berdua sedang melakukan proses hukum.

Mary Jane dibutuhkan kehadirannya sebagai saksi oleh petugas kepolisian Filipina dalam kasus penipuan, perekrutan tenaga kerja ilegal, dan perdagangan manusia di Filipina. Sedangkan Freddy Budiman masih melakukan upaya peninjauan kembali (PK).

Pihak Kejaksaan Agung juga tidak mau disalahkan karena tidak segera mengeksekusi keduanya. Kejaksaan agung sebenarnya ingin agar terpidana mati yang telah divonis segera dieksekusi, namun pihaknya tidak dapat memaksakan hal tersebut dilaksanakan sebelum terpidana mati tersebut clear, tidak terlibat dengan proses hukum.
(Samsul Arifin)