sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Disayangkan, Ulah Warga Saat Selfie Pecahkan Wajan Raksasa

Disayangkan, Ulah Warga Saat Selfie Pecahkan Wajan Raksasa



Jakarta – Berita tentang penemuan benda purbakala yang berbentuk seperti wajan dengan ukuran besar, yang ditemukan oleh warga kabupaten Purworejo akhirnya dipindahkan ke museum.

Disayangkan, Ulah Warga Saat Selfie Pecahkan Wajan Raksasa

Namun yang sangat disayangkan, saat proses pengangkatan benda yang berusia ratusan tahun itu justru pecah di salah satu sisinya.

“Semua barang purbakala itu membutuhkan perlakuan khusus. Tapi tidak semua orang yang menemukan adalah arkeolog. Maka saya sarankan kalau ada yang seperti itu segera hubungi arkeolog,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyesalkan kejadian itu, Senin 2 Mei 2016.

Ganjar menyesalkan bagaimana warga sekitar memperlakukan benda bersejarah tersebut, lantaran ingin mengabadikan penemuan tersebut. Warga banyak sekali memanfaatkannya dengan berfoto-foto diatas permukaan wajan.

“Orang naik ke atasnya, sebenarnya berbahaya itu artinya eman-eman untuk kepentingan arkeologis ya. Tapi sudahlah, itu terus dibawa ke museum,” katanya.

Ke depan, ia sungguh berharap agar warga segera melaporkan apabila menemukan benda sejarah yang tidak sengaja ditemukan ke Badan Arkeologi. Termasuk membudayakan perlakuan barang kuno itu dengan hati-hati.

“Membawa ke museum dan badan arkeologi adalah tempat yang paling tepat. Sehingga kalau ini terus-terusan bisa jadi kebiasaan yang baik dilakukan,” ujarnya.

Wajan raksasa ini sebelumnya ditemukan di lahan milik Widodo (50) di Jl MT Haryono, Kutoarjo. Penemuan itu bermula saat ia dan sejumlah pekerja melakukan galian untuk pondasi toko yang hendak dibangun.

Tanpa diduga, salah seorang pekerja mendapati adanya benda besar dari besi yang mirip sekali dengan bentuk wajan. Temuan itu pun menyita perhatian masyarakat ke lokasi untuk melihat lebih dekat benda aneh itu.

Kini benda itu berada di Museum Tosan Aji, Purworejo, Jawa Tengah. Namun kondisinya justru pecah di tepiannya dan sekarang garis polisi pun mengelilingi benda tersebut agar tidak ada orang yang mendat maupun menyentuh benda purbakala tersebut.
(freddy yulianto-sisidunia.com)