sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berita Politik : Hanafi Rais Menyesalkan Pembebasan 10 WNI Dihubungan Dengan Politik

Berita Politik : Hanafi Rais Menyesalkan Pembebasan 10 WNI Dihubungan Dengan Politik



Jakarta – Berita Pelepasan 10 WNI dari kelompok Sayyaf, banyak pihak yang mengapresiasi akan hal tersebut. Termasuk, Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais.

Berita Politik : Hanafi Rais Menyesalkan Pembebasan 10 WNI Dihubungan Dengan Politik

Dalam apresiasi dia juga berharap agar pembebasan sandera tersebut tidak dipolitisasi oleh pihak-pihak tertentu.

“Kami ingin mendengar cerita yang sebenarnya dari korban karena kami juga tidak ingin hasil kerja multijalur seolah-olah diklaim secara politik oleh salah satu pihak. Sebaiknya kita apresiasi bersama, semua punya peran,” kata Hanafi saat dihubungi, Senin, 2 Mei 2016.

Hanafi enggan menyebutkan tentang pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini demi kepentingan politik semata.

“Tidak perlu disebut ya biasa lah ada yang pengen manggung,” ujar Hanafi.

Politikus PAN ini mengingatkan bahwa soal pembebaan sandera adalah masalah nyawa manusia sehingga tidak tepat bila dimanfaatkan untuk keuntungan politik.

“Makanya kami akan memanggil dan meminta keterangan lengkap dan ingin dengar, bukan hanya elite tapi sandera itu. Kalau elite semua bicara tentu sesuai kepentingan, sandera itu sendiri harus kita dengar,” ujar dia.

Dalam upaya pembebasan sandera, banyak pihak yang dilibatkan mulai dari organisasi swadaya masyarakat, aktivis perdamaian, kelompok agama, kelompok swasta hingga perusahaan sendiri yang punya tanggung jawab untuk membebaskan para ABK mereka.

“Jadi kami mengapresiasi diplomasi multi-jalur yang diinisiasi semua pihak. Kami berharap keempat sandera yang lain segera dibebaskan dengan selamat dan dalam keadaan sehat,”katanya.

Sebelumnya Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen mengatakan dia menjadi salah satu pihak negosiator dalam pembebasan itu. Oleh karena itu dia merasa heran jika ada pihak-pihak tertentu termasuk partai politik yang merasa turut berjasa atas pelepasan 10 WNI itu.
(freddy yulianto-sisidunia.com)