Home » News » Pemkot Bandung Luncurkan Bis Gratis Bagi Buruh di May Day

Pemkot Bandung Luncurkan Bis Gratis Bagi Buruh di May Day



Bandung – Pada peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh pada hari Minggu, 1 Mei 2016, buruh di wilayah Bandung mendapatkan hadiah dari Pemerintah Kota Bandung.

Pemkot Bandung Luncurkan Bis Gratis Bagi Buruh di May Day

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil secara resmi meluncurkan empat unit bis yang dapat digunakan oleh buruh sebagai alat transportasi setiap harinya tanpa di pungut biaya apapun alias gratis.

Peresmian ini dilakukan bertepatan dengan peringatan May Day di di Padepokan Seni Mayang Sunda, Jalan Peta, Bandung, Jawa Barat.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri memuji langkah yang dilakukan oleh Pemkot Bandung untuk mengurangi beban buruh setiap harinya, khususnya dalam hal biaya transportasi.

“Program inisiatif Pemkot Bandung ini sangat baik. Ya salah satunya program transportasi bagi buruh, karena ini bisa mengurangi pengeluaran (ongkos) para buruh,” kata Hanif Dhakiri di Padepokan Seni Mayang Sunda, Minggu (1/5/2016).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, empat bis gratis yang masing-masing berkapasitas 50 penumpang ini merupakan salah satu dari empat inovasi yang akan dilakukan oleh Pemkot Bandung untuk membantu mengurangi pengeluaran buruh setiap bulannya.

“Inovasi itu ada empat. Pertama, rumah susun atau apartemen rakyat bagi sebagian buruh. Tahun mendatang akan kami tambah, sehingga suatu hari nanti seluruh buruh punya apartemen. Kedua, konsep ekonomi kerakyatan tanpa bunga agunan, namanya ‘Melati’ atau melawan rentenir. Ketiga, bus gratis untuk buruh. Keempat, kami siapkan delivery sembako,” kata Emil.
(Samsul Arifin)