sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Kenapa Pisang Jadi Pilihan Jika Terkena Diare?

Kenapa Pisang Jadi Pilihan Jika Terkena Diare?



Jakarta – Kita kerap dianjurkan memakan buah pisang jika sedang diare dan mengonsumsi pepaya jika sulit buang air besar (BAB). Namun, kenapa pisang yang paling baik untuk kesehatan saluran cerna kita, bukannya pepaya?

Kenapa Pisang Jadi Pilihan Jika Terkena Diare?

“Pisang seratnya memang lebih tinggi dari pepaya, tapi kenapa tidak dianjurkan? Karena pisang mengandung pektin. Pektin membuat kotoran jadi keras,” kata Konsultan Gastrohepatologi Anak, Dr Badriul Hegar, Ph.D, SpA(K) pada sisi dunia, Sabtu (30/4/2016).

Sementara pepaya mengandung selilosa, yang bagus untuk kotoran yang tertahan di tubuh kita. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi pepaya di saat kita atau si Kecil mengalami konstipasi (sulit BAB).

“Kekurangan serat memang bisa membuat kotoran keras, tetapi mengobati bukan dengan meninggikan seratnnya. Berikan serat sesuai kebutuhan saja. Semakin tinggi serat pun tidak bagus,” ujar Hegar.

Hegar selalu menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi beragam jenis serat. Jangan pagi makan pepaya, siang makan pepaya lagi, dan malam makan pepaya lagi.

“Tapi harus ada kacang, pepaya, dan sayurnya. Harus saling melengkapi satu dan lainnya. Namun, jangan berikan pisang,” kata Hegar.
(Freddy Julio – sisidunia.com)