Home » News » 10 WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Sudah Dibebaskan

10 WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Sudah Dibebaskan



Jakarta – Presiden Joko Widodo pada Minggu (1/5/2016) sore mengumumkan bahwa 10 WNI yang disendera Abu Sayyaf sejak 26 Maret 2016 lalu telah dibebaskan dan kini dalam kondisi baik.

10 WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Sudah Dibebaskan

“Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah SWT, akhirnya 10 ABK WNI yang disandera oleh kelompok bersenjata sejak 26 Maret 2016 yang lalu saat ini telah dapat dibebaskan. 10 WNI warga negara kita tersebut dalam keadaan baik dan akan segera dipulangkan ke Indonesia,” ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/5/2016).

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa 10 WNI tersebut kini sedang dalam perjalanan pulang ke Jakarta.

“Posisi detik ini akan diberangkatkan dari Zamboanga menuju ke Jakarta dan diperkirakan nanti tengah malam akan sampai di Jakarta,” jelas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembebasan kesepuluh WNI ini.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, seluruh anak bangsa yang telah membantu proses upaya pembebaaan ini, baik yang formal maupun yang informal,” ucap Jokowi.

“Ucapan terima kasih terutama juga saya sampaikan pada pemerintah Filipina. Tanpa kerja sama yang baik, tentu pembebasan ini tak akan terlaksana,” ungkap Jokowi.

Seperti diketahui, 10 ABK berkewarganegaraan Indonesia dari kapal Brahma 12 yang menarik kapal tongkang Anand 12 yang berisi 7.000 ton batubara, disandera oleh kelompok Abu Sayyaf pada 26 Maret 2016 untuk meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau setara dengan Rp 14,2 miliar.
(Samsul Arifin)