Home » Sport » Tontowi /Liliyana Masuk Final Asia Championships

Tontowi /Liliyana Masuk Final Asia Championships



Wuhan – Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil lolos ke final Badminton Asia Championships 2016 setelah mengalahkan ganda campuran Korea Selatan, Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung dengan dua set langsung, 21-16 dan 21-13.

Tontowi /Liliyana Masuk Final Asia Championships

Pada pertandingan yang diadakan di Wuhan Sports Center Gymnasium, Tiongkok, Sabtu (30/4/2016) sore ini pasangan Indonesia mendapatkan perlawanan yang ketat oleh pasangan Korea Selatan sejakset pertama dimulai.

Saling kejar mengejar angka terjadi hingga skor sama 7-7. Pasangan Indonesia mulai meninggalkan pasangan Korea saat skor menunjukkan angka 11-10, lalu makin jauh hingga 18-12. Pasangan Korea berusaha mengejar ketertinggalan angka, namun pasangan Indonesia lebih mendominasi permainan hingga unggul 21-16.

Di set kedua, Tontowi/Liliyana tertinggal lebih dulu 1-4 di awal set namun kemudian mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 5-5, lalu berbalik unggul di angka 11-10.

Setelah momen tersebut, pasangan yang pernah juara All England tiga kali ini kembali memperlihatkan dominasinya dengan memimpin hingga 19-10. Meskipun pasangan Korea dapat memperkecil ketinggalan mereka menjadi 13-19, namun mereka telah tertinggal jauh dan akhirnya menyerah 13-21.

Di final nanti, Tontowi/Liliyana akan menghadapi ganda campuran Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunleiyang sebelumnya mengalahkan ganda campuran Korea Selatan lainnya, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na dengan skor 21-19 dan 21-11.

Indonesia masih berharap satu tiket lagi ke final yang akan diperebutkan oleh ganda putri Indonesia Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan ganda putri Jepang Naoko Fukuman/Kurumi Yunao.
(Samsul Arifin)