Home » Gaya Hidup » Tips Hindari Bau Kaki Tak Sedap

Tips Hindari Bau Kaki Tak Sedap



Jakarta – Kali ini sisi dunia akan memberikan sebuah tips untuk mengenali penyebab bau pada kaki yang sering menggangu. Salah satu penyebab yang sering dari bau kaki adalah keringat pada kaki.

Tips Hindari Bau Kaki Tak Sedap

Menurut informasi yang didapat dari pakar kesehatan kaki dari Carnation Footcare, Michael Ratcliffe, menurutnya hal tersebut wajar apabila terdapat telapak kaki berkeringat. Bahkan faktanya, kaki memiliki kelenjar keringat lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya, termasuk ketiak.

Apabila keringat ini jika didiamkan dan tidak dibersihkan dalam waktu yang lama maka akan berpotensi menimbulkan bau tak sedap pada kaki. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya bau kaki?

“Jaga kebersihan kaki dengan baik, cuci kaki setiap hari dengan sabun ringan dan jangan lupa dikeringkan dengan baik sebelum memakai kaus kaki dan sepatu. Jika perlu gunakan krim pelembab khusus kaki,” papar Ratcliffe, seperti dikutip sisi dunia dari Mirror, Jumat (29/4/2016).

Yang tak kalah penting, kuku kaki harus terpotong rapi dan jangan panjang. Kuku yang panjang juga berpotensi ‘menyimpan’ berbagai macam kotoran dengan bakteri dan jamur, sehingga dapat menimbulkan bau kaki.

“Jangan lupa perhatikan bahan dan kebersihan kaus kaki dan alas kaki Anda. Sebisa mungkin, gunakan keduanya dalam kondisi kering sempurna, bukan lembab. Hindari sepatu yang terlalu ketat,” paparnya.

Pilih juga kaus kaki yang terbuat dari bahan penyerap keringat, supaya keringat berlebih pada kaki bisa terserap dengan cepat dan sempurna. Sebisa mungkin, lepas sepatu dan gunakan sandal saat cuaca sedang panas dan produksi keringat sedang banyak-banyaknya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)