sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Mesin PLTU Paiton Mati Karena Diserbu Ubur-Ubur

Mesin PLTU Paiton Mati Karena Diserbu Ubur-Ubur



Probolinggo – Mesin pembangkit listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Uap Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, berhenti beroperasi karena segerombolan ubur-ubur masuk ke area PLTU dan mengganggu kerja sistem pendingin air.

Mesin PLTU Paiton Mati Karena Diserbu Ubur-Ubur

General Manager PT Pembangkitan Jawa-Bali UBJOM Paiton Unit 9 Arief Teguh Sutrisno membenarkan soal “serbuan” ubur-ubur ini sehingga mengakibatkan pasokan listrik tersendat dan menimbulkan kerugian.

Arief Teguh Sutrisno juga menjelaskan bahwa kemungkinan terjadinya pemadaman di Jakarta dan Jawa Barat belum lama ini juga karena pasokan dari PLTU Paiton tersendat.

“Mungkin ada pengaruhnya karena yang punya hitungan itu (PLN) Jakarta. Yang penting saat ini kita membersihkan ubur-ubur di dalam sistem pendingin. Ubur-ubur itu menyerbu sejak 26 April 2016 lalu,” katanya saat memantau pembersihan ubur-ubur di PLTU Paiton, Sabtu (30/4/2016).

Mesin PLTU Paiton Mati Karena Diserbu Ubur-Ubur

PLTU Paiton sedang melakukan perbaikan melalui PT PJB UBJOM Paiton 9 dengan jalan membersihkan ubur-ubur di sepanjang jalur sistem pendingin air utama dan menambah jelly fish net permanen di sekitar kanal.

Meskipun sekitar 90 personel dikerahkan untuk membersihkan ubur-ubur dan melakukan perbaikan, namun karena ukuran ubur-ubur yang kecil sehingga proses pembersihan dan perbaikan membutuhkan waktu yang lama.
(Samsul Arifin)