Home » News » Korban Pemenggalan Abu Sayyaf Diserahkan ke Kedubes Kanada

Korban Pemenggalan Abu Sayyaf Diserahkan ke Kedubes Kanada



Manila – Jenazah John Ridsdel, korban pemenggalan asal Kanada yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf telah diserahkan kepada Kedutaan Besar Kanada di Filipina untuk diterbangkan menuju Kanada.

Korban Pemenggalan Abu Sayyaf Diserahkan ke Kedubes Kanada

Dirjen Kepolisian Nasional Filipina Ricardo Marquez mengatakan bahwa jenazah tersebut dibawa ke Manila pada Kamis 29 April 2016 setelah diautopsi, menggunakan transportasi udara, demikian dikutip dari The Star, Sabtu (30/2016).

Jenazah Ridsdel sendiri ditemukan pada Rabu (27/42016) di Barangay Gata, Talipao, Sulu.

John Ridsdel dieksekusi oleh kelompok Abu Sayyaf setelah batas waktu permintaan tebusan terlewati pada Senin (25/4/2016) petang.

Sedangkan nasib dua orang sandera lainnya, yaitu Robert Hall (Kanada) dan Kjartan Sekkingstad (Norwegia) hingga kini belum diketahui nasibnya.

Banyak pihak menyalahkan petugas keamanan di Jolo yang tidak cekatan menangkap tersangka yang membawa kepala dari Ridsdell. Sebab setelah Ridsdell dieksekusi, dilaporkan dua pria yang mengendarai sepeda motor melempar kepalanya di depan Balai Kota Jolo.

Mengenai nasib 14 Warga Negara Indonesia (WNI) yang juga diculik dan disandera kelompok Abu Sayyaf, hingga kini belum dibebaskan. Pemerintah melalui Menter Luar Negeri terus berkoordinasi dengan otoritas Filipina untuk mengupayakan pembebasan dari 14 WNI tersebut.
(Samsul Arifin)