sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berita Ekonomi : Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Turuti Presiden Jokowi

Berita Ekonomi : Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Turuti Presiden Jokowi



Jakarta – Beberapa hari lalu Presiden Jokowi meminta kepada seluruh pedagang untuk menurunkan harga bahan pokok saat menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Berita Ekonomi : Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Turuti Presiden Jokowi

Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Jawa Timur, Akad, menyatakan bahwa akan ada panen bawang merah dalam jumlah besar pada Juni mendatang sehingga produksi melimpah.

Sehingga, harga bawang merah di pasaran diperkirakan bisa turun hingga Rp 25.000/kg mulai akhir Juni dan Juli nanti bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Akhir Juni dan Juli harga bawang merah di pasaran bisa Rp 25.000/kg, ada panen bulan Juni,” kata Akad saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

Tetapi, Akad menggaris bawahi, panen yang melimpah di bulan Juni dan Juli. Apabila pihak pemerintah tidak mengimpor bawang merah. Sebab, masuknya bawang merah impor akan menurunkan harga bawang merah lokal, sehingga petani tak bersemangat menanam, produksi dari dalam negeri pun akan jatuh.

“Bulan-bulan ini biasanya kita impor bawang merah. Kalau ada impor petani jadi khawatir, jadi nggak menanam. Kalau nggak impor, petani bergeliat, harus dijaga komitmen pemerintah supaya petani bisa menyesuaikan produksi,” paparnya.

Dia menyebutkan, pada pertengahan Mei ini sejumlah daerah sentra bawang merah sudah panen sehingga harga di pasaran bakal menurun.

“Pertengahan Mei di Ponorogo, Bojonegoro akan panen sehingga harga turun. Harapan kami jangan ada impor lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Sementara itu, Veni, salah satu pedagang bawang merah yang ditemui sisi dunia di Pasar Induk Kramat Jati mengungkapkan bahwa harga bawang merah saat ini sudah mulai turun dibanding pekan lalu. Sebab, ada tambahan pasokan dari panen di Brebes.

Harga bawang merah yang dijualnya saat ini berkisar antara Rp 25.000-36.000/kg, seminggu lalu masih Rp 27.000-38.000/kg. “Murah, ini turun dari minggu lalu,” katanya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)