sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jerman Diserang Virus

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jerman Diserang Virus



Munich – Pembangkit listri tenaga nuklir yang terketak di Gundremmingen, Jerman, diberitakan diserang virus komputer yang dapat mencuri data. Namun hal ini tidak menimbulkan ancaman yang terlalu besar karena sistem operasi di sana tidak terhubung dengan jaringan internet.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jerman Diserang Virus

Menurut RWE, perusahaan yang menjalankan operasi di sana menyebutkan bahwa pembangkit listrik sedang diserang virus “W32.Ramnit” dan “Conficker” di sistem komputer Unit B yang bertugas untuk memindahkan batangan bahan bakar nuklir.

Menurut pemberitaan Reuters, Kamis (28/4/2016), virus juga ditemukan di 18 drive penyimpanan data portabel, terutama stik USB di kantor pembangkit listrik tersebut.

Seperti diketahui, W32 Ramnit adalah virus yang dirancang untuk mencuri data dari komputer yang terinfeksi dan dapat memberikan kendali pada pelaku penyerangan atas sistem yang terinfeksi jika terhubung dengan internet. Sedangkan Conflicker merupakan virus yang menyebar dalam jaringan dan menyalin dirinya ke dalam USB Drive.

Penemuan malware ini telah dilaporkan ke Kantor Keamanan Informasi Federal Jerman untuk menyelidiki kasus ini. Sedangkan untuk mecegah kasus ini tidak terulang lagi, RWE telah meningkatkan keamanan sistem operasi mereka yang berbasis komputer, khususnya yang terhubung dengan jaringan internet.
(Samsul Arifin)