Home » News » Inilah Kebijakan Luar Negeri Donald Trump Bila Terpilih Nanti

Inilah Kebijakan Luar Negeri Donald Trump Bila Terpilih Nanti



Jakarta – Milyarder yang kini maju menjadi calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Rabu (27/4/2016) kemaren mengungkapkan bagaimana kebijakan luar negeri yang akan ia jalankan jika menjadi Persiden Amerika serikat nanti.

Inilah Kebijakan Luar Negeri Donald Trump Bila Terpilih Nanti

Donald Trump menyebut kebijakan luar negerimya sebagai kebijakan “First America”. Dia juga mengkritik kebijakan Presiden Barack Obama yang dijalankan sekarang sebagai kebijakan “bencana yang lengkap dan total”.

Diansir dari BBC, Kamis (28/4/2016), Donald Trump menyebut dirinya telah menang di lima wilayah Amerika Serikat, yaitu di Connecticut, Delaware, Rhode Island, Maryland dan Pennsylvania.

Dalam pidatonya kemaren Donald Trump banyak berfokus kepada kelemahan-kelemahan kebijakan Presiden Barack Obama dan ia berjanji akan segera merubahnya

Mengenai ISIS, Donald Trump mengatakan bahwa ia akan melemahkan kelompok teroris itu dengan memotong akses mereka menuju lahan minyak yang selama ini menghidupi mereka.

“Saya akan bekerja sama dengan sekutu AS di Timur Tengah untuk memerangi ekstremisme dan penyebaran radikalisme. Itu menjadi tujuan kebijakan luar negeri AS dan dunia,” ujar Trump.

Soal NATO, Trump menegaskan bahwa ia akan membentuk struktur organisasi dan akan membahas masalah pembiayaan Amerika Serikat kepada NATO.

Tentang hubungan AS dan Rusia, Trump berjanji akan membicarakan dengan Rusia agar tercapai kesamaan pandangan, khususnya mengenai penyebaran ekstremisme.

“Sebagian orang mengatakan bahwa Rusia tidak masuk akal. Saya berniat untuk mencari tahu,” katanya.
(Samsul Arifin)