Home » Gaya Hidup » Ingin Lebih Fokus Dalam Berpikir? Berlarilah!

Ingin Lebih Fokus Dalam Berpikir? Berlarilah!



Michigan – Selama ini kita mengetahui manfaat olahraga berlari adalah untuk kesehatan fisik dan stamina. Namun sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh American Academy of Clinical Neuropsychology menungkapkan bahwa berlari juga bagus untuk kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Ingin Lebih Fokus Dalam Berpikir? Berlarilah!

Menurut Karen Postal dari American Academy of Clinical Neuropsychology, bila kita berlari selama 30-40 menit setiap harinya maka hal ini dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Temuan ini juga sekaligus menepis anggapan bahwa neuron yang baru tidak akan bisa diproduksi kembali di saraf otak bila usia manusia bertambah tua. Temuan ini menjelaskan, setelah melakukan aktifitas berlari, neuron baru justru akan terbentuk di hippocampus, bagian otak yang berhubungan dengan memori dan pembelajaran.

“Jika Anda berolahraga aerobik sampai berkeringat, misalnya sekitar 30-40 menit, maka sel-sel otak yang baru diproduksi,” tutur Karen Postal, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (28/4/2016).

Dalam studi lainnya juga mengungkapkan bahwa manfat lari dalam jangka panjang dapat membuat seseorang lebih fokus karena setelah berlari aliran darah ke lobus frontal otak juga menjadi lebih lancar. Lobus frontal adalah bagian otak yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan fokus dan konsentrasi.
(Samsul Arifin)