Home » News » Hasil Survey : “Lulung dan Dhani Populer Karena Penilaian Negatifnya”

Hasil Survey : “Lulung dan Dhani Populer Karena Penilaian Negatifnya”



Jakarta – Salah satu peneliti Populi Center, Nona Evita, menjelaskan bahwa popularitas musisi Ahmad Dhani dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung tergolong tinggi. Hal tersebut terkait pemberitaan tentang debut para calon Gubernur DKI Jakarta.

Hasil Survey : "Lulung dan Dhani Populer Karena Penilaian Negatifnya"

Bahkan, pada survei yang dilakukan Nona pada April 2016, kedua nama itu masuk dalam jajaran lima besar jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

“Kami melakukan penilaian terhadap 14 tokoh, tetapi hanya Lulung dan Dhani yang masuk top five untuk popularitas. Namun, lebih banyak penilaian negatifnya dibanding penilaian positif,” kata Nona pada sisi dunia di Kantor Populi Center, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Senin (25/4/2016).

Lanjutnya, dari 400 responden enam wilayah di Jakarta yang mengikuti survei ini, sebanyak 32 persen di antaranya menilai Lulung negatif dan 24,2 persen menilai Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta itu secara positif.

Sementara itu, 41,2 persen responden memandang Dhani negatif. Di sisi lain, 35,2 persen responden memandang positif sosok suami artis Mulan Jameela tersebut. Penelitian tersebut menghasilkan Lulung dan Dhani jadi populer dikarenakan penilaian negatif terhadap mereka berdua.

Sedangkan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendapatkan hasil sebesar 76,2 persen responden yang memandangnya positif.

“Ada 14,2 persen responden memandang Ahok negatif,” kata Nona. Sehingga Ahok kini mendapatkan popularitas tertinggi dari kedua calon, yaitu Ahmad Dhani dan Haji Lulung.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 15-21 April 2016. Ratusan responden ini dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling, dengan margin of error lebih kurang 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(Freddy Julio – sisidunia.com)