sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Dokumen Kepemilikan Tanah Warga Luar Batang Kini Tidak Boleh Dilihat Sembarangan

Dokumen Kepemilikan Tanah Warga Luar Batang Kini Tidak Boleh Dilihat Sembarangan



Jakarta – Warga Luar Batang yang semula terbuka kepada wartawan bila ditanyakan mengenai bukti kepemilikan tanah di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, kini menjadi tidak mudah menunjukkannya setelah kasus mereka ditangani oleh kuasa hukum warga, Yusril Ihza Mahendra.

Dokumen Kepemilikan Tanah Warga Luar Batang Kini Tidak Boleh Dilihat Sembarangan

Warga sudah bersepakat untuk siapa saja yang menanyakan perihal bukti kepemilikan tanah mereka harus melalui kuasa huku mereka.

“Mohon maaf, bukannya saya enggak mau kasih lihat, tapi warga di sini sama Bang Yusril sudah sepakat, kalau dokumen itu enggak bisa dilihat sama sembarang orang. Kalau mau, langsung ke kantornya Bang Yusril saja untuk lihat,” kata Sekretaris Masjid Luar Batang Mansur Amin, Kamis (28/4/2016) siang.

Bukti kepemilikan tanah oleh warga Luar Batang memang hingga sampai saat ini masih menjadi bahan perdebatan karena warga menganggap bahwa tanah di sana adalah sah milik mereka berdasarkan surat-surat yang mereka miliki.

Sedangkan di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa lahan yang sekarang ditempati warga Luar Batang tersebut adalah lahan milik negara. Namun Pemprov DKI sendiri hingga kini belum bisa menunjukkan bukti kepemilikan tersebut.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan pernah mengungkapkan bahwa tanah di Luar Batang sebenarnya merupakan lahan milik negara, namun dalam perkembangannya lahan itu dikuasai oleh masyarakat sehingga seolah-olah sudah menjadi milik masyarakat.
(Samsul Arifin)