Home » News » Ribuan Soal Ujian Nasional Siap Diedarkan Oleh Percetakan

Ribuan Soal Ujian Nasional Siap Diedarkan Oleh Percetakan



Jakarta – Ribuan naskah ujian nasional (UN) untuk siswa SMP/sederajat kini sudah jadi dan siap untuk didistribusikan ke seluruh wilayah kepulauan terluar di Jawa Timur. Waktu pelakasaan UN SMP/sederajat pun akan digelar pada 9-12 Mei.

Ribuan Soal Ujian Nasional Siap Diedarkan Oleh Percetakan

Pulau Bawean di Kabupaten Gresik dan Pulau Masalembu-Sumenep merupakan wilayah yang akan terlebih dahulu untuk didistribusikan oleh percetakan. Percetakan yang diserahi tanggung jawab mencetak soal-soal UN SMP di wilayah itu adalah PT Jasuindo Tiga Perkasa di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

“Pendahuluan distribusi kertas soal untuk wilayah pulau terluar dilakukan untuk memastikan kertas soal ujian siap digunakan saat hari H,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rahman pada sisi dunia.

Sebelum dikirim, Saiful memasang kunci segel dan stiker di pintu boks dua truk yang mengangkut soal UN SMP. Proses pendistribusian tersebut juga mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian.

“Pemasangan segel dan stiker ini sebagai tanda bahwa soal UN tersebut masih utuh dan belum dibuka siapa pun. Pemasangan segel ini juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran soal UN yang dilakukan orang tak bertanggung jawab,” imbuh Saiful.

Dia mengatakan, berkas-berkas soal UN tersebut akan dikirimkan untuk memfasilitasi ujian di 153 lembaga pendidikan SMP/MTS dan penyelenggara ujian Kejar Paket B.

“Data Dinas Pendidikan Jatim, UN SMP di Sumenep diikuti 4.007 siswa dan 400 siswa di wilayah Bawean,” ujar Saiful.

Setelah serah terima dan tanda tangan berita acara, berkas soal UN menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan masing-masing Kota/ Kabupaten. Sementara itu, pendistribusian soal UN SMP di wilayah Jawa Timur lainnya baru akan dimulai pada 2 dan 3 Mei.
(Freddy Julio – sisidunia.com)