sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menteri Luhut Bantah Namanya Terkait Panama Papers

Menteri Luhut Bantah Namanya Terkait Panama Papers



Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan membantah namanya dikaitkan dengan beberapa perusahaan yang muncul di dokumen Panama Papers.

Menteri Luhut Bantah Namanya Terkait Panama Papers

Salah satu perusahaan yang disebut dalam dokumen yang bocor ke media itu adalah perusahaan Mayfair International Ltd.

Berdasarkan investigasi Tempo, salah satu jurnalis wakil Indonesia di dalam International Consortium of Investigative Journalists, menyebutkan bahwa Luhut Binsar Pandjaitan tercatat sebagai Direktur Mayfair International Ltd yang terdaftar di Seychelles, yang mana sahamnya dimiliki oleh PT Buana Inti Energi dan PT Persada Inti Energi.

“Saya tidak pernah terlibat soal itu dan saya tidak tahu apapun mengenai perusahaan Mayfair itu,” ujar Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2016).

Menurut Luhut, membayar pajak adalah sesuatu yang penting bagi dirinya dan tidak pernah terlintas dalam benaknya untuk lari dari kewajiban tersebut.

Luhut juga mengaku tidak tahu mengenai PT Buana Inti Energi dan PT Persada Inti Energi yang disebutkan dalam Panama Papers, namun dirinya berterusterang bahwa ia memang pemilik dari PT Toba Sejahtera.

Di dalam catatan Panama Papers disebutkan bahwa PT Buana memegang 40.000 lembar saham Mayfair, sedangkan PT Persada mengantongi 10.000 lembar saham. Setiap lembar sahamnya diketahui berharga USD 1.

Disana juga disebutkan, PT Buana Inti Energi ialah salah satu anak perusahaan PT Toba Sejahtera yang didirikan pada 2004 oleh Luhut, dimana perusahaan ini bergerak di bisnis batu bara, minyak gas, pembangkit listrik, dan agrikultur.
(Samsul Arifin)