Home » News » 23 Orang Meninggal Akibat Konsumsi Kue Di Pakistan

23 Orang Meninggal Akibat Konsumsi Kue Di Pakistan



Jakarta – Warga di Provinsi Punjab, Pakistan digemparkan oleh sebuah insiden yang mengakibatkan sedikitnya 23 orang tewas dan puluhan lainnya jatuh sakit. Diketahui, mereka sebelumnya telah mengkonsumsi kue yang dicurigai Polisi kue tersebut mengandung racun serangga atau pestisida.

23 Orang Meninggal Akibat Konsumsi Kue Di Pakistan

Seorang warga bernama Umar Hayat mengaku telah membeli kue dari sebuah toko roti pada Minggu 17 April 2016 untuk dibagi-bagikan kepada rekannya sebagai ungkapan syukur atas kelahiran cucunya. Namun, kebahagiaan itu berujung petaka ketika 10 orang tewas usai menyantap kue beracun tersebut.

“Korban tewas meningkat menjadi 23. Sedikitnya 52 orang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit,” ucap pejabat kepolisian setempat, Ahmad Munir, dilansir Channel News Asia oleh sisi dunia, Senin (25/4/2016). Tragisnya, ayah sang bayi itu beserta tujuh pamannya tewas akibat keracunan.

Polisi Senior Punjab, Rameez Bukhari, telah menerima laporan insiden keracunan tersebut. Tiga orang yakni dua bersaudara yang mengelola toko serta satu orang pegawai, telah ditahan. Diduga, pegawai itulah yang memasukkan pestisida ke dalam adonan kue.

“Ada sebuah toko pestisida di dekat toko permen itu yang sedang direnovasi. Pemilik toko pestisida meninggalkan stoknya di toko permen itu. Si pegawai kemungkinan menggunakan paket pestisida itu untuk adonan kue,” terang Bukhari.

Meski telah menyampaikan dugaannya, Bukhari masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap kue-kue tersebut. Pakistan sendiri memiliki standar keamanan pangan yang rendah serta implementasi undang-undang pangan higienis juga terlalu rendah.
(Freddy Julio – sisidunia.com)